7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia
Sebutkan daerah penghasil gas alam terbesar! - Indonesia dikenal memiliki beberapa provinsi yang merupakan daerah penghasil gas alam terbesar. Potensi cadangan gas alam Indonesia sangat besar dan terebar di berbagai daerah. Kebanyakan pusat produksi gas yang ada di Indonesia terletak di lepas pantai. Dimana sajakah itu?

Gas alam merupakan komponen berupa metana yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan yang sudah mengendap di bagian bawah kerak bumi selama berjuta-juta tahun yang mengalami proses secara alami yang kemudian menghasilkan gas alam .

Jumlah cadangan gas alam di Indonesia menduduki urutan ke-11 terbesar di dunia berdasarkan data U.S Energy Information Administration pada tahun 2006. Untuk di wilayah Asia Pasifik, Indonesia mempunyai urutan cadangan gas terbesar ketiga, setelah Australia dan Republik Rakyat Tiongkok/China. 

Menurut data BP Statistical Review of World Energy pada tahun 2015, Indonesia berkontribusi sebesar 1,5% dari total cadangan gas alam yang terdapat di seluruh dunia. Jumlah yang bukan sedikit, jika dibandingkan dengan negara-negara di asia tenggara.

Selain menjadi daerah penghasil batu bara, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki wilayah sangat luas dengan kekayaan sumber daya alam berupa flora maupun fauna yang sangat beragam, tidak mengejutkan lagi semisal Indonesia menjadi salah satu negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia.

7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Namun, apakah kamu tahu kira-kira provinsi mana saja yang menjadi daerah dengan cadangan gas alam terbesar di Indonesia? Berikut adalah daftar 7 daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia:

Jambi

Jambi menempati urutan ke-7 sebagai daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Provinsi memiliki Blok Jabung yang  menjadi salah satu blok dengan penghasil gas alam terbesar yang terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah menjadi dalah satu daerah dengan sumber cadangan gas alam yang melimpah. Salah satu daerah penghasil gas alam di Sulawesi Tengah terletak di Kabupaten Banggai. Potensi gas alam terdapat di kabupaten Banggai kecamatan Toili dan Batui dengan cadangan 1,6 triliun kaki kubik dan luas 475 km2.

Sulawesi Tengah sebagai penghasil gas alam cair (LNG) yang semakin penting di Indonesia, setelah dua lapangan gas baru milik PT Pertamina EP mulai beroperasi pada September 2016 di Kabupaten Banggai. Proyek gas alam merupakan salah satu kegiatan utama koridor Sulawesi dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

Jawa Barat

Provinsi dengan julukan bumi Pasundan ini juga menyimpan kekayaan alam berupa gas alam yang melimpah. Provinsi Jawa Barat menempati urutan ke-5 dalam daftar daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia.

Salah satu produk pengolahan gas alam yang ada di tanah Sunda adalah gas alam cair (LNG, Liquefied Natural Gas), yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri Jati Barang Majalengka menjadi salah satu daerah penyuplai gas alam dari Jawa Barat untuk Indonesia.

Salah satu perusahaan yang bisa dijumpai sebagai pengelola gas alam di Jawa Barat adalah PT. Nusantara Ragas. Perusahaan ini merupakan bentuk kerjasama antara PT. Pertamina dengan PGN guna memaksimalkan pengelolaan gas alam di daerah tersebut.

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memiliki pesona indah wisata alam yang sangat memanjakan mata. Selain wisata alam yang sangat memukau dan indah, provinsi yang beribukota di Tanjungpinang ini juga merupakan salah satu daerah penghasil gas alam terbesar urutan ke-4 di negara Indonesia.

Daerah di Kepulauan Riau yang menjadi salah satu sumber cadangan gas alam adalah Kabupaten Natuna. Daerah ini menyimpan sekitar 222 trilyun kubik cadangan gas alam. Tidak heran jika daerah ini menjadi perebutan Indonesia dan Tiongkok, karena di perut buminya bergemilang minyak yang melimpah. 

Selain Kabupaten Natuna, daerah Anambas juga merupakan sumber penghasil gas alam terbesar yang terletak di provinsi Kepulauan Riau.

Papua Barat

Papua Barat merupakan salah satu provinsi di ujung timur Indonesia menjadi salah satu daerah dengan cadangan gas alam yang sangat melimpah. Daerah yang menyimpan cadangan gas alam di pulau Papua terdapat di daerah Ladang Gas Tangguh.

Ladang Gas Tangguh merupakan daerah penghasil gas alam yang terletak di Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Fak-fak, Provinsi Papua Barat. Ladang Gas tangguh menyimpan lebih dari 500 miliar m³ cadangan gas alam. 

Selain Teluk Bintuni, daerah lain yang menjadi penghasil cadangan gas alam di Papua adalah Kapulanda, Klamono, Sorong, dan Babo juga memiliki cadangan gas alam yang sangat berlimpah.

Dengan banyaknya daerah penghasil gas alam yang melimpah di Papua Barat, membuat provinsi ini menjadi urutan ke-3 daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia

Sumatera Selatan

Salah satu provinsi di pulau sumatra dengan ibukota Palembang ini, ternyata menjadi salah satu 7 daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Sumatera Selatan menempati urutan ke-2 sebagai penghasil gas alam terbesar.

Provinsi yang memiliki julukan Bumi Sriwijaya ini merupakan salah satu daerah penghasil gas alam di Indonesia. Daerah yang menyimpan gas alam melimpah berada di Musi Banyuasin. 

Selain di Musi Banyuasin daerah penghasil gas alam di Provinsi Sumatra Selatan terdapat di daerah Plaju, Sungai Gerong dan Muara Enim.

Kalimantan Timur

Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan provinsi penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Daerah Bontang, Kalimantan Timur menjadi penyumbang cadangan gas terbesar di Indonesia, selain itu juga menjadi daerah yang memiliki satu kilang LNG terbesar di dunia. 

Kekayaan alam berupa cadangan gas alam tersebut terpusat di blok Mahakam. Selain itu ada beberapa daerah seperti Pulau Tarakan, Balikpapan, Pulau Bunyu dan Sungai Mahakam. Terdapat juga Blok Sanga Sanga di lepas pantai Kalimantan Timur.

Menurut databoks Katadata.co.id tahun 2016 yang mengatakan bahwa Kementerian ESDM menetapkan Kalimantan Timur menjadi urutan pertama penghasil gas alam terbesar di Indonesa dengan produksi gas Provinsi Kalimantan Timur berkontribusi sebesar 23 persen produksi nasional. Jumlah ini mengalahkan Papua Barat dan Sumatera Selatan.

***

Cukup sekian artikel Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia, perlu diketahui Indonesia memiliki banyak daerah yang mempunyai cadangan gas alam yang cukup besar, namun gas alam merupakan salah satu hasil sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sehingga kita sebagai masyarakat indonesia, yang merupakan salah satu daerah penghasil gas alam di dunia harus mengelolanya dengan bijak, demi keseimbangan alam dan jumlah ketersediaannya. 

Salah satu langkah tepat yang dapat dilakukan dalam upaya menjaga kekayaan cadangan gas alam Indonesia adalah dengan cara menghemat penggunaan bahan bakar LPG yang merupakan gas alam berbentuk cair, agar sumber daya alam tersebut masih bisa di nikmati oleh generasi penerus kita.

Referensi: Databoks Katadata.co.id, Brainly.co.id

Belum ada Komentar untuk "7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel