Daerah Penghasil Bijih Besi di Indonesia yang Terkenal

Daerah Penghasil Bijih Besi di Indonesia yang Terkenal

Daerah Penghasil Bijih Besi di Indonesia yang Terkenal
Sebutkan Daerah penghasil bijih besi terbesar dan Terkenal! Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kandungan sumber daya alam sangat melimpah, contohnya adalah bijih besi. Banyak daerah di indonesia yang terkenal sebagai penghasil bijih besi.

Kekayaan sumber daya alam indonesia yang sangat melimpah seperti penghasil gas alam, batu bara,minyak bumi dan lain-lain. Indonesia juga dikenal sebagai daerah pengasil bijih besi. Bijih besi adalah hasil tambang yang nantinya diolah menjadi bahan baku pembuatan besi.

Kandungan biji besi terdiri dari oksigen dan atom besi yang saling berikatan dalam satu molekul. Besi memiliki peran yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua peralatan yang kita jumpai terbuat dari besi. Besi dinilai kuat dan tahan lama, hampir semua kontruksi menggunakan bahan baku besi.

Sampai saat ini persediaan atau cadangan bijih besi di Indonesia masih cukup banyak, akan tetapi seiring bertambahnya kebutuhan jumlah bahan baku bijih besi, tidak menutup kemungkinan ketersediaannya akan semakin berkurang.

Bicara soal bahan baku pembuatan besi mungkin terlintas dipikiran kamu dimana tempat pemasok bahan baku tersebut, apakah di Indonesia terapat daerah penghasil bijih besi. Apabila belum tau, mari kita sama-sama mempelajari daerah mana saja yang menyimpan cadangan bijih besi di Indonesia, let's go!

Daerah Penghasil Bijih Besi di Indonesia

Salah satu tempat pengolahan bijih besi terdapat di Cilegon, Jawa Barat. Sedangkan untuk daerah penghasil bijih besi terapat di daerah pertambangan, berikut adalah beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil bijih besi:

1. Pulau Kalimantan

Provinsi Kalimantan menjadi salah satu daerah sebagai penghasl bijih besi terbesar di Indonesia. Apabila dlihat dari lokasinya produksi bijih besi di setiap propinsi, daerah penghasil bijih besi terbesar teradapat di Kalimantan Selatan. 

Daerah di provinsi Kalimantan Selatan yang terkenal sebagai penghasil bijih besi terbesar terdapat di daerah Pulau Derawan, Pulau Sebuku, dan Pulau Suwang.

Pada tahun 2009, provinsi Kalimantan Selatan memproduksi sekitar 3,29 juta ton atau merupakan 81,8% dari total produksi bijih besi secara keseluruhan (Dinas Pertambangan Propinsi Kalimantan Selatan, 2009). Produksi bijih besi dari daerah lainnya yaitu Kalimantan Barat sebesar 264,09 ribu ton.

2. Pulau Sumatera

Potensi  pengembangan pertambangan bijih besi di pulau Sumatera antara lain terdapat di Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Pasaman (DPMPTSP, 2014).

Provinsi di pulau Sumatera pada tahun 2009, dikenal sebagai penghasil bijih besi, diantaranya provinsi Riau sekitar 121,73 ribu ton dan Jambi 118,50 ribu ton, dan Bangka Belitung 81,29 ribu ton.

Selain daerah tersebut, masih banyak daerah di Sumatera yang memiliki potensi sebagai penghasil bijih besi, diantaranya Provinsi Lampung juga terdapat penambangan bijih besi yang bisa ditemukan di Kabupaten Tanggamus dan juga Gunung Tegak.

3. Pulau Jawa

Pulau jawa dikenal sebagai salah satu penghasil bijih besi yang tersebar diberbagai daerah dan berbagai provinsi. Pada tahun 2009, beberapa daerah di Indonesia diantaranya Jawa Barat, DIY dan Jawa Tengah dengan total produksi sebesar 60,67 ribu ton (Haryadi dan Saleh, 2012).

Provinsi Jawa Barat menjadi tempat penambangan pasir besi yang terletak di Cipatujuh, Tasikmalaya yang mempunyai kandungan besi mencapai 30% – 40%. Daerah lain, yang dikenal sebagai tempat penambangan pasir besi dan bijih besi terbesar berada di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di Cilacap.

Selain itu terdapat Provinsi Banten, potensi pasir besi di daerah ini hanya dapat dijumpai di wilayah pesisir selatan Banten, potensi pasir besi ini berada di Kabupaten Pandeglang.

4. Pulau Sulawesi

Daerah di pulau Sulawesi yang terkenal sebagai penghasil bijih besi adalah daerah Lengkabana, Longkana, Pegunungan Verbeek yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu pada provinsi Sulawesi selatan terdapat beberapa daerah sebagai penghasil bijih besi yang terkenal, Larona kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur dengan sumber daya alam berupa besi laterit sebesar  370 juta ton.

Selain itu masih terdapat daerah Parapungta, Kecamatan Gatesong Selatan, Kab.Takalar sebagai daerah penghasil pasir besi dengan total cadangan sebesar 3 juta ton.

Daerah Penghasil Bijih Besi di Indonesia

Daerah penghasil bijih besi di Indonesia, antara lain : Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Nanggroe Aceh Darusalam, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah,Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Papua Barat, Jambi dan Papua.

Sumber Jurnal yang Membahas Bijih Besi di Indonesia

Berikut kami lampirkan jurnal yang membahas tentang bijih besi di Indonesia. Sumber jurnal tersebut terdapat Lampiran sumber daya bijih besi Indonesia yang bisa dapat kamu akses. Di bagian lampiran terdeapat provinsi penghasil bijih besi yang terdapat keterangan lokasi, komoditas, dan jumlah kandungan untuk setiap daerah.

Sumber Jurnal

***

Hasil tambang bijih besi di Indonesia diolah oleh PT. Krakatau Steel yang berada di Cilegon, Jawa Barat. Sedangkan pasir besi diolah oleh PN Aneka Tambang yang berada di Cilacap, Jawa Tengah.

Produksi bijih besi Indonesia tersebut sebagian besar diekspor dan belum ada yang dipasarkan di dalam negeri, karena sampai saat ini belum ada pabrik pengolahan bijih besi di dalam negeri (Haryadi dan Saleh, 2012). 

Meskipun sumber daya bijih besi di Indonesia tergolong sangat besar, jika sumber daya alam tersebut ditambang secara terus-menerus persediaannya akan semakin berkurang. Apalagi kebutuhan bahan baku bijih besi dari waktu ke waktu semakin meningkat.

Dengan permasalahan tersebut pemerintah diharapkan segera merealisasikan pabrik pengolahan bijih besi di dalam negeri sendiri sesuai amanat UU No. 4 tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Isi dalam UU tersebut yaitu industri pengolahan bijih besi yang sudah dapat mengolah bahan baku bijih besi siap pakai untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri besi baja dalam negeri yang selama ini impor.

Sekian artikel tentang daerah penghasil bijih besi di Indonesia yang terkenal. Semoga setelah membaca artikel ini dapat memberi pengetahuan baru, jika menurut kamu ini bermanfaat silakan untuk membagikan artikel ini ke teman-temanmu lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Daerah Penghasil Bijih Besi di Indonesia yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel