Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia yang Paling Terkenal

Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia yang Paling Terkenal

Sebutkan Daerah Penghasil Marmer  -  Indonesia memiliki banyak sumber kekayaan alam yang sangat berlimpah yang dapat dimanfaatkan, contohnya sumber daya mineral. Adanya berbagai jenis batuan dengan umur yang sangat bervariasi, membuat wilayah Indonesia dikenal kaya sumber daya mineral. Contohnya antara lain mineral logam, seperti emas, tembaga, perak, besi, kromit, timah dan sebagainya. Selain itu juga mineral nonlogam, diantaranya belerang, marmer, granit, batu gamping.
Daerah Penghasil Marmer di Indonesia

Potensi maupun cadangan bahan hasil galian nonlogam masih sangat banyak, yang menyebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Galian nonlogam tersebut berupa batuan gamping, bentonit, granit, kaolin, pasir kuarsa dan lain sebagainya. Mineral nonlogam yang paling banyak terkandung di Indonesia adalah marmer dan granit yang serin dijumpai dalam industri bangunan.

Definisi Marmer
Menurut wikipedia, Marmer adalah batuan kristalin kasar yang berasal dari batu kapur atau dolomit. Marmer yang murni berwarna putih dan terutama disusun oleh mineral kalsit. Kegunaan Batu Marmer dapat digunakan di rumah untuk perabotan, komponen komponen bangunan seperti lantai, meja, kamar mandi, jendela. Definisi tersebut menunjukkan bahwa marmer memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia

Berikut adalah daerah yang terkenal sebagai daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia:
  1. Provinsi Aceh (Nangroe Aceh Darussalam), salah satu daerah penghasil marmer terbesar adalah di Provinsi Aceh. Potensi marmer yang terdapat di Provinsi Aceh masih perlu dikembangkan secara maksimal seperti di Jawa Timur, padahal sumber daya alam tersebut tersedia cukup melimpah di daerah Aceh.
  2. Provinsi Lampung, daerah Lampung juga dikenal dengan penghasil marmer terbesar di Indonesia. Wilayah Lampung merupakan penghasil marmer kristalin yang terkenal. Marmer Lampung memiliki dasar abu-abu mengilap, urat putih atau abu-abu kehitaman, permukaannya halus, tanpa lubang, transparan, dan keras.
  3. Provinsi Sumatra Barat. beberapa daerah di sumatra barat juga dikenal sebagai daerah penghasil batuan marmer. Daerah tersebut beberapa diantaranya di Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Agam, Kabupaten Sawahlunto dan daerah Tunkur di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan daerah Muara Kiawai di Kab. Pasaman Barat dengan cadangan 187.500.000 ton.
  4. Provinsi Jawa Barat, juga terkenal sebagai tempat penghasil marmer di Indonesia. Marmer dari daerah Jawa Barat sampai diekspor ke luar negeri, seperti ke Australia, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang.
  5. Provinsi Jawa Tengah, beberapa daerah di jawa tengah memiliki kandungan marmer yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan maupun hiasan bangunan. Namun, di beberapa daerah bisa dijadikan potensi tempat wisata dengan hamparan batuan marmer yang ada untuk spot foto. Terdapat batuan marmer merah yang merupakan marmer langka di dunia, batuan tersebut terdapat di Magelang, Jawa Tengah.
  6. Provinsi Jawa Timur, hasil batuan marmer paling populer berasal dari daerah Tulungagung, Jawa Timur. Bahkan sudah dikenal dari zaman penjajahan Belanda hingga sekarang masih tetap eksis.
  7. Provinsi Sulawesi Selatan, daerah ini memiliki potensi yang besar sebagai penghasil marmer di Indonesia. Daerah yang banyak kandungan batuan marmer diantaranya daerah Bone, Enkerang, Maros, dan Pangkep
Selain daerah tersebut yang terkenal sebagai daerah penghasil marmer terbesar, terdapat beberapa daerah provinsi di Indonesia yang masih menyimpan kekayaan sumber daya alam ini. Salah satunya terdapat di Papua. Tanah papua selain surga hasil mineral logam, disana juga kaya akan sumber daya mineral non logam seperti marmer.

Daerah Penghasil Marmer yang Paling Terkenal
Daerah penghasil marmer yang paling terkenal adalah di Tulungagung, Jawa Timur. Kepopuleran Tulungagung sebagai pusat penghasil marmer berkualitas sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda. Lokasi industri marmer ini berada di desa Besole, kecamatan Besuki, Tulungagung. 

Menurut beberapa penelitian, di daerah ini terdapat cadangan marmer yang sangat besar dengan kualitas yang baik untuk digunakan sebagai penghasil marmer dan bahan bangunan. Sehingga daerah ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menghasilkan marmer berkualitas. Kualitas marmer dari Tulungagung tidak diragukan lagi, karena sudah terbukti hingga di pasar dunia dan sudah di ekspor di berbagai negara di dunia.

PENUTUP
Sekian artikel Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia, semoga anda mendapat pengetahuan baru setelah membaca artikel ini. Indonesia memiliki berbagai kekayaan yang sangat melimpah, tugas kita sebagai warga negara yang baik adalah mengusahakan agar kekayaan alam Indonesia tetap terjaga dengan baik, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan dengan bijak. Sekian, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel