Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Kekal

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Kekal

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Kekal

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Kekal - Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi ada juga yang bersifat non-fisik. Sumber daya ada yang bisa berubah, menjadi semakin besar bahkan bisa menghilang, dan ada pula sumber daya yang bersifat kekal (selalu tetap/tidak berubah).

Pada saat ini kita akan membahas sumber daya yang berasal dari alam dan memiliki sifat kekal. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang terdapat di alam atau segala sesuatu yang keberadannya mampu menjadi penyeimbang alam.

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Kekal

Sifat sumber daya alam digolongkan menjadi tiga diantaranya adalah, dapat diperbaharui, tidak dapat diperbaharui dan sumber daya alam kekal. Untuk pembahasan sumber daya yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui mungkin sudah sering kamu dengar, bagaimana dengan sumber daya alam kekal? Kalau belum tahu, mari kita sama-sama ulas.

Pengertian Sumber Daya Alam Kekal

Sumber daya alam yang kekal adalah sumber daya yang tidak akan pernah habis masanya dan selamanya ada dibumi. Meskipun sumber daya ini digunakan secara terus-menerus, ketersediaannya tidak akan pernah habis.

Sumber daya yang kekal dapat digunakan dan dimanfaatkan manusia di bumi selama-lamanya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan ketersediaan sumber daya ini. Terus, apa saja yang menjadi contoh sumber daya alam yang kekal?

Contoh Sumber Daya Alam Kekal

1. Air

Sumber daya air di bumi sangat berguna dan potensial untuk manusia. Kegunaan air diantaranya untuk bidang pertanian, industri, rumah tangga, rekreasi, aktivitas lingkungan dan masih banyak lagi.

Sudah sangat jelas terlihat bahwa seluruh kegiatan manusia membutuhkan air. Tahukah kamu, 97% air yang ada di bumi adalah air asin, hanya 3% berupa air tawar. Lebih dari dua per tiga bagian air berada dalam bentuk es di glasier dan es kutub.

Sejak pertama bumi terbentuk hingga sekarang jumlah air sama, air hanya berubah bentuk. Dari cairan di lautan, menjadi uap awan, turun lagi kebumi menjadi hujan. Air juga ada yang menjadi es, ada yang masuk lagi ke dalam tanah, dan ada yang mengalir di sungai.

2. Sinar Matahari

Sumber daya sinar matahari atau juga bisa disebut dengan "radiasi matahari" merupakan sinar yang berasal dari Matahari. Sinar matahari sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Untuk tanaman menggunakan cahaya matahari ketika  berfotosintesis dan membuat makanan. Tanpa adanya sinar matahari, takkan ada kehidupan di bumi ini. Sinar matahari juga sangat bermanfaat bagi manusia terutama sebagai pembentuk vitamin D bagi tubuh, sebagai sumber pembangkit listrik dan lain sebagainya.

Sinar bumi akan terus bersinar dan memiliki sifat sebagai sumber daya alam kekal. Selama matahari dan bumi masih berputar, sinar matahari akan tetap ada.

3. Udara

Sumber daya udara memiliki banyak fungsi bagi kehidupan mahluk hidup. Udara memiliki sifat tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda.

Udara termasuk kedalam salah satu jenis sumber daya alam kekal, karena ketersediaan dibumi sangat melimpah dan tidak akan habis. Udara hanya bisa saja tercemar dan berbahaya untuk makhluk hidup.

4. Panas Bumi

Panas bumi merupakan sumber daya energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak Bumi. Temperatur di bawah kerak Bumi bertambah seiring bertambahnya kedalaman. Panas bumi merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang kekal.

Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi, panas bumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan.

Selain ke-empat contoh diatas, masih ada contoh sumber daya alam yang kekal lainnya. Contoh lainnya adalah angin, gelombang dan pasang surut.

Kesimpulan

Sumber daya alam yang kekal adalah sumber daya yang tidak akan pernah habis masanya dan selamanya ada dibumi. Contoh sumber daya alam kekal adalah air, udara, sinar matahari, panas bumi, gelombang, angin dan pasang surut.

Sekian artikel tentang Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Kekal, semoga menambah pengetahuan kamu. Jika kamu merasa artikel ini penting dan bermanfaat, silakan bagikan ke teman-teman kamu, supaya mereka juga mendapatkan pengetahuan baru!

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Kekal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel